5+ Tempat Wisata Yang ada di Luwuk (Bnggai – Sulawesi Tengah) Yang Menarik Dikunjungi

- Editorial Team

Senin, 29 Mei 2023 - 16:24 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Orbitimes.com – Berwisata ke Sulawesi Tengah memang membutuhkan banyak waktu dan hari yang panjang. apalagi jika memang asal pengunjung adalah dari luar pulau Karena jika tak banyak waktu sayang berada di Sulawesi Tengah hanya satu atau dua hari saja. Luwuk Banggai merupakan bagian dari Sulawesi Tengah yang tepatnya ada di Kabupaten Banggai dengan Luwuk sebagai pusat pemerintahanya Destinasi wisata yang ada di Luwuk sendiri memang menyimpan banyak keindahan dan pesona alam yang tak terbantahkan indahnya.

Untuk menikmati waktu libur dengan keluarga dan orang-orang tersayang, pengunjung bisa datang ke Luwuk / Banggai Kepulauan dengan waktu libur yang cukup untuk menjelajah  Berikut merupakan rekomendasi tempat wisata di Luwuk dan Banggai Kepulauan dengan keindahan yang tak terelakkan.

1. Bukit Kasih Sayang

Pengunjung tak akan asing mendengar bukit kasih sayang. Tempat wisata ini memang memiliki konsep romantis dengan view yang begitu menawan. Kalau pengunjung datang di siang hari, pemandangan Kota Luwuk sendiri memang dengan garis pantai panjang bisa dinikmati dari tempat ini. Tetapi jika pada malam hari, pengunjung bisa menikmati pernak pernik lampu kota Luwuk yang siap memanjakan pandangan mata kita.

Tidak hanya tempat makan dan kafe, bukit kasih sayang ini bisa menyediakan penginapan. Tak perlu khawatir kalau ingin menikmati long weekend di bukit kasih sayang. Terutama bagi mereka yang datang dengan pasangan pasti merasa bahagia karena adanya tempat romantis disini.

2. Air Terjun Salodik

Air Terjun Salodik memiliki ketinggian 750 hingga 1000 mdpl yang menjadikannya sebagai kawasan wisata yang sejuk dan bisa dikunjungi terutama ketika berlibur bersama keluarga. Sungainya berwarna jernih, hijau keabu-abuan serta adanya suasana yang sejuk dan segar. Siapapun bisa berenang dan berendam berlama-lama yang ada di dalamnya. Air terjun ini akan mengalir secara bersusun dan tidak ada habisnya bahkan ketika kemarau.

Ada hijaunya hutan tropis yang mengelilingi air terjun Salodik. Tentu kondisi ini menjadikannya sebagai tempat yang cocok dalam mengasingkan diri sesaat dari keramaian kota. Di kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat berburu spot untuk yang hobi dalam fotografi. Adanya bebatuan alami yang datar dialiri curahan air dari aliran Sungai Salodik yang bisa menambah pesona.

3. Pantai Kilo Lima

Destinasi berikutnya adalah Pantai Kilo Lima. Destinasi ini memang masih jarang dijamah turis karena tempat ini masih begitu terjaga. Pantai ini membentang di garis terdepan kota Luwuk. Adanya nama Pantai Kilo Lima ini memiliki arti tersendiri. Kilo Lima artinya adanya 5 KM dari Luwuk. Pesona dari pantai ini karena kebersihannya yang masih begitu terjaga. Tak heran jika memang banyak pengunjung yang datang untuk bersantai dan menikmati waktu berlibur di pantai yang masih terjaga keasriannya ini.

4. Pulau Dua Balantak

Objek Wisata di Luwuk berikutnya adalah di Pulau Dua Balantak. Jika wisatawan memang berada di luwuk Banggai maka sebaiknya benar-benar mampir dan tahu betul bagaimana keindahan yang ada. Objek wisata Pulau Dua Balantak ini merupakan maskot dari pariwisata Kabupaten Banggai. Memang seperti objek wisata lainnya, pulau ini memiliki pemandangan yang cantik seperti adanya gunung batu yang tumbuh dari bawah laut dan adanya pasir putih di sekeliling pantai serta pepohonan yang berbaris rapi. Suasana ini memang penuh dengan ketenangan dan juga kesejukan.

Dari desa Kampangar saja pengunjung sudah bisa melihat keindahan Pulau Dua. Tetapi perjalanan wisata kita memang akan kurang lengkap tanpa menyeberangi Pulau Dua yang ada di depan Desa Kampangar, Kuntan dan juga Luok. Waktu yang dibutuhkan sekitar 10 hingga 15 menit menggunakan perahu yang ada di sekitar Desa Kampangar yang bisa membawa pengunjung tiba di Pulau Dua Balantak.

Lokasi pulau ini berada di Desa Kampangar, Kecamatan Balantak. Pengunjung akan lebih mudah menemukan pulau ini karena memang menjadi maskot dan sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar.

4. Pantai Teduang

Satu lagi tempat wisata di Banggai Kepulauan berupa pantai yang sangat menarik yaitu Pantai Teduang. Pantai Teduang terletak di Desa Ambelang, Salakan, Banggai Kepulauan.

Objek wisata satu ini memiliki spot foto yang luar biasa keren. Misalnya di sana terdapat karang yang berbentuk bunga dan gambar hati. Meskipun karang tersebut buatan manusia, akan tetapi inilah salah satu daya tarik yang tak boleh dilewatkan.

5. Danau paisu pok

Danau Paisu Pok berada di Desa Luk Panenteng, Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Dari pusat kota Salakan, mesti menempuh perjalanan dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam untuk sampai di Desa Luk Pantenteng. Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 10-15 menit melewati hutan yang rimbun. Harga tiket masuk ke Danau Paisu Pok sebesar Rp 5.000. Saat berkunjung ke sini, disarankan membawa bekal karena tidak ada warung makanan di sekitar danau.

danau ini mungkin namanya masih asing di kalangan pelancong, namun potensi wisatanya begitu besar karena alamnya yang masih asri dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya. Perairannya pun jernih dan sebening kaca, sehingga mengundang untuk direnangi.

Saking jernihnya, orang-orang dapat melihat dasar danau tanpa harus menyelam. Dari atas, terlihat rumput-rumput tinggi dan tumpukan bebatuan dengan berbagai ukuran. Ada pula batang-batang pohon besar di dasar danau yang bisa dijadikan pijakan.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Tokoh Adat Kajang Geruduk DPRD Bulukumba Minta RDP dengan PT Lonsum
CACAT INTEGRITAS. Istri kapolsek kajang masuk jadi caleg 2024
DPC Kesatuan Pelajar Bone Gotong Royong Dengan Warga Ajangale Sukseskan HUT RI ke 78
Penyebab Dentuman di Sumenep Masih Misterius, Bakal Diteliti BMKG
Anak Bunuh Ibu Kandung dan Aniaya Ayah di Depok Diserahi Keuangan Bisnis Keluarga
Anies Usai MA Tolak PK Moeldoko: Anggap Hadiah Ulang Tahun untuk AHY
Gejolak Emosi Lukas Enembe Protes Disebut Berjudi
Mobil Pajero Sport Dipakai Anak Ugal-ugalan di Jalan, Pimpinan DPRD Sulsel Anggap Itu Hal Biasa

Berita Terkait

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:38 WITA

POLITIK DINASTI DIGENCARKAN; REFORMASI DIPECUNDANGI

Kamis, 21 September 2023 - 12:29 WITA

Oknum polisi terlibat dalam pengedaran narkoba Aliansi masyarakat bersatu angkat bicara

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:50 WITA

Sekda Kabupaten Gowa Melanggar Kode Etik ASN/PNS Koalisi Mahasiswa Pemerhati Pemerintah Gelar Demonstrasi

Senin, 14 Agustus 2023 - 20:20 WITA

GEMPAR Resmi Laporkan SPBU Yang Diduga Terlibat Dalam Sindikat Mafia Minyak di Kabupaten Bone

Rabu, 9 Agustus 2023 - 17:59 WITA

Polda Sul-Sel Lemah Dalam Mengatasi Kasus Yang Ada Di Sulawesi Selatan

Rabu, 9 Agustus 2023 - 13:03 WITA

Beberapa Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Akan Menggelar Aksi Unjuk Rasa di Mapolda Sulawesi Selatan

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 20:10 WITA

Diduga Tambang Ilegal Gepma Nusantara Akan Menggelar Aksi Unjuk Rasa di Mapolda Sulawesi Selatan

Jumat, 4 Agustus 2023 - 11:34 WITA

Demisioner Ketua Umum IPMIL RAYA UNIMERZ Meminta Evaluasi Kinerja Kapolres Luwu Timur.

Berita Terbaru

berita

Penegak hukum tidak bernyali dihadapan PT.Wisan petro energi

Selasa, 27 Feb 2024 - 13:01 WITA

Pemilu

PEMUDA MATTOANGING SIAP SUKSESKAN PEMILU DAMAI

Jumat, 9 Feb 2024 - 14:17 WITA

edukasi

PEMUDA BEKERJA MATTOANGIN SEJAHTERA

Selasa, 16 Jan 2024 - 19:49 WITA