Tips Mengisi Waktu Luang Bagi Mahasiswa

- Editorial Team

Sabtu, 15 Januari 2022 - 12:37 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Makassar, Orbitimes.com– Oleh Mutia Sabila*, Ketika masuk kuliah, mahasiswa cenderung punya waktu yang lebih fleksibel dibandingkan saat sma. Saat SMA mereka harus sekolah dengan jadwal senin sampai jumat dari pagi sampai sore. Sedangkan saat kuliah, terkadang mereka bisa menentukan jadwalnya sendiri dan juga terkadang mereka bisa memiliki jadwal kuliah hanya 3 atau 4 hari dalam seminggu. Jadwal kuliah pun biasanya mempunyai banyak jeda ditambah di saat pandemi ini kegiatan perkuliahan dilakukan secara online yang tentunya semakin menambah waktu luang. Hal ini menyebabkan mahasiswa mempunyai lebih banyak waktu luang dibandingkan anak sekolah.

Waktu luang adalah waktu dimana kita bisa melakukan hal-hal yang kita senangi. Sedangkan, negara-negara barat mengartikan bahwa waktu luan adalah waktu bebas yang tersisa dari 24 jam setelah dikurangi kegiatan penting sehari-hari dan tidur. Beragam kegiatan dilakukan manusia untuk mengisi waktu luangnya, seperti bermain hp, jalan-jalan ke tempat perbelanjaan ataupun bertemu dengan teman-teman. Di waktu seperti inilah mahasiswa bisa mengembangkan diri, mendorong kreatifitas yang ada di dirinya.

Namun, mahasiswa sering kali menyia-nyiakan waktunya untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat. Manusia memiliki 24 jam setiap harinya, dengan waktu tersebut banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa diluar rutinitas perkuliahan. Seperti kata pepatah “waktu adalah uang”, jadi jangan sampai waktu yang ada terbuang terus-menerus dengan hal-hal yang tidak berguna. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu luang agar membuat waktu luang anda lebih produktif dan tidak menyia-nyiakannya.

Belajar bahasa asing

Percayalah, bahasa Inggris saat ini bukan lagi sebagai kelebihan untuk mencari pekerjaan, tetapi sudah menjadi kewajiban hal yang harus dimiliki para pelamar kerjaan atau bisa disebut sebagai ‘bare necessity’. Hal ini tidak hanya untuk melamar kerja di perusahaan internasional, bahkan tes CPNS juga ada bagian soal bahasa Inggris. Belajar bahasa inggris tidak bisa hanya dalam waktu yang cenderung singkat, kamu harus terbiasa mempelajari bahasa inggris supaya bisa lancar. Jadi, ada baiknya kamu mulai belajar bahasa Inggris dari sekarang saat kamu mempunyai waktu luang.

Bahasa asing tidak hanya bahasa inggris. Kamu dapat belajar bahasa Jerman, Rusia, Arab ataupun lainnya. Belajar bahasa asing dapat membantu kamu untuk mendapatkan informasi di dunia internasional sehingga pengetahuanmu menjadi jauh lebih luas. Saat ini juga sudah banyak beasiswa dari berbagai negara untuk kamu melakukan studi, jika kamu dapat menguasai bahasa asing akan membuat kesempatanmu lebih besar.

Kerja sampingan

Mahasiswa umumnya masih mengandalkan uang saku dari orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada baiknya kamu melakukan pekerjaan part time yang tidak mengganggu waktu kuliahmu. Part-time ga harus kerja di kafe seperti yang umumnya orang tau kok, kamu bisa menjadi guru les, penerjemah, penulis artikel, membuka bisnisdan masih banyak lagi pekerjaan part-time lainnya.

Kerja part-time memiliki sangat banyak manfaat. Manfaat yang utama tentunya dapat menghasilkan uang dan ini bakal membuatmu lebih menghargai uang yang kamu punya karena sudah tau susahnya mencari uang. Selain menghasilkan uang, kerja part-time juga bisa menjadi pengalaman yang dapat menunjang CV mu saat melamar pekerjaan nantinya. Kerja part-time juga membangun relasimu dengan orang-orang lain. Saat namamu dipercaya banyak orang, pastinya akan lebih mudah untuk membangun karirmu.

Memaksimalkan potensi dan hobi

Ditengah sibuknya kuliah, melakukan hal-hal yang kamu sukai akan membuatmu menjadi lebih bahagia. Inilah waktu yang sangat tepat untuk memaksimalkan potensi dan hobi yang ada dalam dirimu. Lakukan hobi yang pastinya kamu senangi, seperti memasak, melukis ataupun bermain music. Hal-hal inilah yang akan membuat kamu berbeda dari orang lain.

Ketika kamu mencari potensi mu, maka kamu akan dapat mengenal dirimu sendiri. Dari yang awalnya hanya sekedar hobi, saat kamu memaksimalkan potensinya akan membawa banyak manfaat untukmu. Seperti mendapatkan pekerjaan yang berdasarkan hobi kamu. Kamu juga bisa mengenal orang-orang baru dengan mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobimu.

Bersih-bersih

Sehari-hari kamu pasti menjaga kebersihan badanmu sendiri. Selain badanmu, kamu juga harus memerhatikan kebersihan sekitarmu. Kamu harus memperhatikan kebersihan kamarmu, seperti menyapu dan mengepel lantai, membersihkan kasur dan meja belajarmu. Ruangan kotor dapat menyebabkan sirkulasi udara yang buruk yang berdampak bada kesehatan.

Kamu juga bisa membersihkan barang-barang pribadi seperti tas ataupun sepatu dan menyusunnya lebih rapi sehingga lebih enak untuk dipandang. Hal lain yang bisa kamu bersihkan adalah email yang didalamnya banyak pesan spam ataupun pesan yang belum kamu balas. Ketika suasana disekitarmu bersih dan rapi tentunya akan membuat suasana hatimu lebih baik dan juga menambah semangat untuk melakukan kegiatan.

Menjaga kesehatan fisik dan mental

Nah, yang terakhir nih kesehatan fisik dan mental harus tetap dijaga. Menjadi produktif adalah hal yang sangat bagus, tetapi semuanya harus tetap pada porsinya. Seringkali mahasiswa memanding-bandingkan dirinya dengan orang lain sehingga terlalu menekan dirinya sendiri. Pikiran berpengaruh banyak terhadap tubuhmu, jika pikiranmu selalu tertekan maka itu akan mengganggu kesehatan dan keseharianmu. Jangan sampai terlalu memaksakan untuk menjadi produktif sehingga mengorbankan kesehatanmu.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalmu seperti makan makanan yang sehat, olahraga dan bermeditasi. Kamu juga bisa berbicara dengan orang-orang terdekatmu seperti keluarga ataupun teman dekat. Berbicara atau bcercerita kepada orang lain akan membuat kamu mengeluarkan beban-beban yang selama ini hanya kamu simpan sendiri dan juga akan lebih menyegarkan tubuh kamu.Itu dia beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan waktu luangmu. Selama kamu masih mempunyai waktu, manfaatkanlah semaksimal mungkin.

Hal-hal yang kamu lakukan sekarang tentunya akan berdampak terhadap kehidupanmu selanjutnya. Jangan sampai nanti kamu menyesal karena waktu tidak bisa diulang kembali. Tetapi, ingat ya jangan terlalu memaksakan diri, tetap melakukan hal-hal sesuai porsi yang kamu mampu. Manajemen waktumu jangan sampai tugasmu yang utama sebagai mahasiswa bisa terganggu dan juga jaga kesehatan mental dan fisikmu terutama di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat!

 

*Penulis merupakan mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

sumber: mediamahasiswa

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kisah Murdaya Poo, Dulu Penjual Koran hingga Gabung Jajaran Orang Terkaya RI
Upaya Pengendalian Inflasi, Lurah Batua Melakukan Pembibitan Dan Pembagian Bibit Kepada Warga
Luhut Bantah Indonesia Dikuasai China: Rocky Gerung Angkat Suara Singgung Pemberontakan G30S PKI
Pemuda Dalam Tindakan Bukan Perkataan
Fungsi dan Peran Mahasiswa dalam Kehidupan Bermasyarakat
FK Unair: Terburu-buru Minum Antibiotik Saat Sakit, Ini Dampaknya
Kuliah Gratis Dengan Beasiswa S1-S3 Pendaftaran Oktober-November, TA 2023
Apa Bedanya Filsafat Islam dan Filsafat Muslim?

Berita Terkait

Selasa, 12 Desember 2023 - 14:20 WITA

CACAT INTEGRITAS. Istri kapolsek kajang masuk jadi caleg 2024

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:09 WITA

DPC Kesatuan Pelajar Bone Gotong Royong Dengan Warga Ajangale Sukseskan HUT RI ke 78

Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:32 WITA

Penyebab Dentuman di Sumenep Masih Misterius, Bakal Diteliti BMKG

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 13:57 WITA

Anak Bunuh Ibu Kandung dan Aniaya Ayah di Depok Diserahi Keuangan Bisnis Keluarga

Jumat, 11 Agustus 2023 - 10:40 WITA

Anies Usai MA Tolak PK Moeldoko: Anggap Hadiah Ulang Tahun untuk AHY

Selasa, 8 Agustus 2023 - 10:33 WITA

Gejolak Emosi Lukas Enembe Protes Disebut Berjudi

Selasa, 8 Agustus 2023 - 09:41 WITA

Mobil Pajero Sport Dipakai Anak Ugal-ugalan di Jalan, Pimpinan DPRD Sulsel Anggap Itu Hal Biasa

Minggu, 6 Agustus 2023 - 20:43 WITA

Viral Pengunjung Gori Artisan Coffee Joget-Joget Serikat Mahasiswa Pejuang Rakyat Angkat Bicara

Berita Terbaru

berita

Penegak hukum tidak bernyali dihadapan PT.Wisan petro energi

Selasa, 27 Feb 2024 - 13:01 WITA

Pemilu

PEMUDA MATTOANGING SIAP SUKSESKAN PEMILU DAMAI

Jumat, 9 Feb 2024 - 14:17 WITA

edukasi

PEMUDA BEKERJA MATTOANGIN SEJAHTERA

Selasa, 16 Jan 2024 - 19:49 WITA