10 Kawah Dampak Tumbukan Asteroid yang Nyaris Membuat Bumi Kiamat

- Editorial Team

Jumat, 14 Januari 2022 - 06:29 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tumbukan asteroid adalah salah satu kekuatan paling merusak di tata surya. Bahkan tumbukan asteroid sempat membuat sebagian besar kehidupan di bumi musnah, yakni di zaman dinosaurus. Foto/dok

Tumbukan asteroid adalah salah satu kekuatan paling merusak di tata surya. Bahkan tumbukan asteroid sempat membuat sebagian besar kehidupan di bumi musnah, yakni di zaman dinosaurus. Foto/dok

Makassar, Orbitimes.com– Tumbukan asteroid adalah salah satu kekuatan paling merusak di tata surya. Di Bumi, tumbukan asteroid sempat membuat sebagian besar kehidupan musnah, yakni di zaman dinosaurus.

Kendati begitu tumbukan asteroid yang mematikan kemungkin juga telah melahirkan benih kehidupan segera setelah Bumi lahir. Efek dari dampak tumbukan asteroid ini bertahan selama miliaran tahun dan dapat disaksikan hingga kini.

Berikut 10 kawah raksasa yang berasal dari tumbukan asteroid yang diketahui di bumi yang dikutip dari Live Science:

1. Kawah Vredefort

Kawah Vredefort merupakan kawah bekas tumbukan asteroid tertua dan terbesar yang ada di Bumi. Menurut perkiraan ilmuwan, kawah yang berada di Afrika Selatan ini berukuran 300 kilometer.

Kawah ini hasil tumbukan asteroid yang ukurannya lebih besar dari Table Mountain Afrika Selatan dan menghasilkan kawah raksasa pada 2,2 miliar tahun yang lalu.

2. Kawah Sudbury

Kawah Sudbury berada di Ontario, Kanada, dengan lebar mencapai 130 km yang merupakan hasil tumbukan asteroid pada 1,85 miliar tahun yang lalu.

Berdasarkan hasil pecahan batu yang ditemukan di Minnesota yang berjarak 800 kilometer, ukuran kawah ini awalnya membentang seluas 260 kilometer.

3. Kawah Chicxulub

Kawah Chicxulub ditengarai merupakan bukti dari tumbukan asteroid yang memunsnahkan dinosaurus. Lapisan tipis logam iridium eksotis dari dampak meteor telah terdeteksi di seluruh dunia pada kepunahan massal Kapur sebelum Chicxulub ditemukan.

Sekarang, meteorit yang mengukir kawah Chicxulub di Semenanjung Yucatan Meksiko secara luas dianggap telah menyebabkan atau sangat berkontribusi pada kepunahan massal pada akhir Kapur 65 juta tahun yang lalu, termasuk akhir dari dinosaurus.

Beberapa ilmuwan memperkirakan kalau kawah asli Chicxulub mungkin lebih besar dari kawah Sudbury di Ontario. Perkiraan diameter aslinya berkisar hingga diameter 240 kilometer dan ukuran saat ini adalah 150 kilometer.

4. Kawah Popigai

Temuan langka terkubur di kawah Popigai Rusia: berlian. Sekitar 35 juta tahun yang lalu, sebuah meteorit menabrak endapan batu grafit yang kaya karbon di Siberia.

Tekanan serta suhu yang sangat besar mengubah karbon di kawasan itu menjadi berlian. Kawah tersebut memiliki lebar 100 kilometer dan kini menyimpan cadangan berlian yang sangat besar, menurut pemerintah Rusia.

5. Kawah Manicouagan

Kawah berisi danau pertama kami, Manicouagan di Quebec adalah salah satu kawah terbesar dan terpelihara dengan baik di planet ini. Kawah selebar 100 kilometer itu berusia sekitar 214 juta tahun.

6. Kawah Acraman

Danau Acraman aslinya merupakan kawah bekas tumbukan asteroid sekitar 580 juta tahun lalu di Australia Selatan. Kawah ini berukuran diameter 90 kilometer.

Dampak ejecta dari kawah dapat ditemukan di Flinders Range 300 kilometer ke timur, di antara bebatuan dengan fosil bentuk kehidupan kompleks pertama di Bumi.

7. Kawah Teluk Chesapeake

Terkubur di bawah lumpur dasar laut, Kawah Chesapeake Bay di lepas pantai Virginia diperkirakan berusia 35 juta tahun. Garis pantai barat Chesapeake Bay yang melengkung mengambil bentuknya dari kawah laut selebar 85 kilometer.

Sebuah inti pengeboran mengungkapkan petunjuk pertama bahwa kawah tumbukan besar terkubur di bawah teluk pada tahun 1983, ketika inti memunculkan lapisan ejecta dampak tumbukan setebal 20 sentimeter.

8. Kawah Morokweng

Kawah Morokweng terkubur di bawah Gurun Kalahari Afrika Selatan yang ditemukan ahli geologi melalui survei penginderaan jarak jauh. Tetapi para ilmuwan mendapat kejutan ketika mereka mengebor ke dalam kawah untuk mencari sampel batuan untuk mengkonfirmasi dampaknya.

Sisa-sisa meteorit yang menciptakan kawah ini masih berada di kedalamannya. Bor membawa kembali pecahan meteorit asli berukuran 25 sentimeter dari kedalaman 770 meter. Morokweng terbentuk 145 juta tahun yang lalu dan lebarnya mencapai 70 kilometer.

9. Kawah Kara

Kawah Kara adalah kawah terkikis berusia 70,3 juta tahun yang lalu di Semenanjung Yugorsky Rusia. Para peneliti berpikir kawah selebar 65 kilometer itu dulunya berdiameter lebih dari 120 kilometer.

10. Kawah Beaverhead

Kawah berusia 600 juta tahun ini membentang di Montana dan Idaho dan merupakan kawah tumbukan terbesar kedua di Amerika Serikat. Sisa-sisa dari tumbukan asteroid itu muncul di permukaan kawah selebar 60 kilometer di Beaverhead di barat daya Montana. Kawah itu kini berpusat di Challis, Idaho.

sumber: indonews.com

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kisah Murdaya Poo, Dulu Penjual Koran hingga Gabung Jajaran Orang Terkaya RI
Upaya Pengendalian Inflasi, Lurah Batua Melakukan Pembibitan Dan Pembagian Bibit Kepada Warga
Luhut Bantah Indonesia Dikuasai China: Rocky Gerung Angkat Suara Singgung Pemberontakan G30S PKI
Pemuda Dalam Tindakan Bukan Perkataan
Fungsi dan Peran Mahasiswa dalam Kehidupan Bermasyarakat
FK Unair: Terburu-buru Minum Antibiotik Saat Sakit, Ini Dampaknya
Kuliah Gratis Dengan Beasiswa S1-S3 Pendaftaran Oktober-November, TA 2023
Apa Bedanya Filsafat Islam dan Filsafat Muslim?

Berita Terkait

Selasa, 12 Desember 2023 - 14:20 WITA

CACAT INTEGRITAS. Istri kapolsek kajang masuk jadi caleg 2024

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:09 WITA

DPC Kesatuan Pelajar Bone Gotong Royong Dengan Warga Ajangale Sukseskan HUT RI ke 78

Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:32 WITA

Penyebab Dentuman di Sumenep Masih Misterius, Bakal Diteliti BMKG

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 13:57 WITA

Anak Bunuh Ibu Kandung dan Aniaya Ayah di Depok Diserahi Keuangan Bisnis Keluarga

Jumat, 11 Agustus 2023 - 10:40 WITA

Anies Usai MA Tolak PK Moeldoko: Anggap Hadiah Ulang Tahun untuk AHY

Selasa, 8 Agustus 2023 - 10:33 WITA

Gejolak Emosi Lukas Enembe Protes Disebut Berjudi

Selasa, 8 Agustus 2023 - 09:41 WITA

Mobil Pajero Sport Dipakai Anak Ugal-ugalan di Jalan, Pimpinan DPRD Sulsel Anggap Itu Hal Biasa

Minggu, 6 Agustus 2023 - 20:43 WITA

Viral Pengunjung Gori Artisan Coffee Joget-Joget Serikat Mahasiswa Pejuang Rakyat Angkat Bicara

Berita Terbaru

berita

Penegak hukum tidak bernyali dihadapan PT.Wisan petro energi

Selasa, 27 Feb 2024 - 13:01 WITA

Pemilu

PEMUDA MATTOANGING SIAP SUKSESKAN PEMILU DAMAI

Jumat, 9 Feb 2024 - 14:17 WITA

edukasi

PEMUDA BEKERJA MATTOANGIN SEJAHTERA

Selasa, 16 Jan 2024 - 19:49 WITA