Didesak Mahasiswa untuk Turunkan Biaya Kuliah, Rektor Unpas: Saya Gak Ngerti

- Editorial Team

Sabtu, 5 Maret 2022 - 12:19 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mahasiswa Unpas Bandung gelar demonstrasi tuntutan biaya kuliah murah dan transparansi penggunaan dana kampus, di kampus Unpas, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (4/3/2022).[Suara.com/M Dikdik RA]

Mahasiswa Unpas Bandung gelar demonstrasi tuntutan biaya kuliah murah dan transparansi penggunaan dana kampus, di kampus Unpas, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (4/3/2022).[Suara.com/M Dikdik RA]

Makassar, Orbitimes.com – Mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) Bandung berdemonstrasi di kampus mereka, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (4/3/2022) kemarin. Lewat aksi itu mahasiswa mendesak kampus memberikan penjelasan mengenai pemotongan biaya kuliah atau Dana Penyelenggaraan Pendidikan (DPP) serta transparansi penggunaan anggaran khususnya acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Mahasiswa mengkritisi pihak kampus yang sempat menyewa hotel mewah untuk acara PKKMB itu. Padahal di sisi lain, ada ratusan mahasiswa Unpas yang kabarnya terancam putus kuliah karena kesulitan biaya.

“Kurang lebih 300 mahasiswa (yang kesulitan biaya) itu juga belum data menyeluruh,” kata Gubernur Federasi Mahasiswa Fakultas Teknik, Unpas Sakti Ferdinand Akand Negara.

Pihak mahasiswa tak ingin ada kawan mereka yang putus kuliah gegara kesulitan ekonomi. Pihak kampus pun diandaikan bisa turut mencegah dengan memberikan keringanan biaya. Tapi kebijakan demikian diakui tak pernah terlaksana.

Pihak kampus hanya memberikan penangguhan pembayaran yang menurut mahasiswa itu sama sekali tidak solutif.

“Apakah mau menelantarkan mahasiswa yang memang berprestasi, yang gigih kuliah dan menimba ilmu tapi akhirnya tersendat gara-gara keuangan?” kata Sakti.

Setelah didesak lewat aksi, Rektor Unpas, Eddy Jusuf, akhirnya buka suara. Tapi, ia tak memberikan kepastian soal penurunan biaya kuliah. Ia berdalih rektor tak memiliki hak mengambil kebijakan itu, kewenangannya ada di tangan pihak yayasan.

“Maksudnya diturunkan gimana, ya, saya tidak ngerti. Coba tanya kampus lain ada tidak penurunan uang kuliah. Maksudnya gimana, paling-paling relaksasi,” jelas Eddy saat ditemui Suara.com.

Selama pandemi, tidak ada kebijakan pemotongan atau pembebasan uang kuliah. Eddy mengaku hanya memberikan relaksasi atau penangguhan waktu pembayaran. Lainnya, pada masa awal pandemi kampus sempat memberikan uang pulsa sekira Rp 300 ribu kepada mahasiswa.

Saat ditanya apakah Eddy bisa menyampaikan rekomendasi pemotongan uang kuliah itu ke pihak yayasan, ia mengatakan akan membahasnya terlebih dahulu dengan pihak fakultas sebagai penyusun awal besaran biaya kuliah.

Selama pandemi, tidak ada kebijakan pemotongan atau pembebasan uang kuliah. Eddy mengaku hanya memberikan relaksasi atau penangguhan waktu pembayaran. Lainnya, pada masa awal pandemi kampus sempat memberikan uang pulsa sekira Rp 300 ribu kepada mahasiswa.
Saat ditanya apakah Eddy bisa menyampaikan rekomendasi pemotongan uang kuliah itu ke pihak yayasan, ia mengatakan akan membahasnya terlebih dahulu dengan pihak fakultas sebagai penyusun awal besaran biaya kuliah.

“Tidak betul kalau misalnya mahasiswa dipaksa untuk membayar, kalau tidak mampu, ya, silakan ajukan (penundaan),” katanya.

Ancam Aksi Lagi

Mahasiswa sebetulnya berharap Rektor Unpas bisa lebih jauh mengambil sikap. Rektor harusnya secara tegas memperjuangkan pemotongan uang kuliah agar disetujui pihak yayasan.

“Rektor itu kan pimpinan tertinggi di Unpas,” kata Irwan hendrawan, Ketua Umum Badan eksekutif Mahasiswa FKIP Unpas.

Terkait relaksasi penundaan pembayaran dan pemberian uang pulsa Rp 300 ribu, mahasiswa mengakui bahwa itu memang diberikan pihak kampus. Tapi kebijakan itu dinilai tidak solutif. Penundaan pembayaran dianggap hanya berarti menumpuk masalah. Karena itu, mereka mendesak adanya pemotongan biaya kuliah.

“Misalnya, kita tidak bayar di semester genap, tapi di akhir semester saat mau UAS kita tetap harus bayar. Dan bayarannya pasti kumulatif kan. Lebih besar. Kalau ekonomi secara umum menurun, dan orang tua mahasiswa tidak mampu bayar tentu saja itu hanya menumpuk beban mereka di akhir waktu,” Sakti menambahkan.

“Lagi pula kami juga ada itung-itungannya (soal pemotongan), makanya itu termuat di naskah akademik kami,” katanya lagi.

Gifary Adzani Akbar, Presiden BEM FISIP Unpas menegaskan, jika dalam sepekan ke depan tak ada tindak lanjut dari pihak kampus atau harapan mereka tak terpenuhi, mahasiswa disebut siap berdemonstrasi kembali.

“Akan terus mengawal tuntutan sampai terealisasi kalau tuntutan tidak digubris sampai pekan depan akan turun kembali dengan massa lebih banyak,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, aksi demonstrasi tersebut mengatasnamakan Mahasiswa Unpas Menggugat. Menurut pihak mahasiswa, ada sekitar 300 orang yang yang turut serta, berasal dari beragam jurusan.

Aksi dimulai sekira pukul 15.00 WIB. Massa yang mengenakan almamater berwarna hijau itu mulanya berkumpul di kawasan Taman Radio, jalan Ir. H. Juanda, lalu serentak ke titik aksi di depan gedung rektorat kampus II Unpas.

Ada aksi teatrikal tiga mahasiswa berpakaian koyak. Dari gerbang kampus mereka merangkak menuju gedung rektorat diikuti iring-iringan massa mahasiswa lainnya. Sesampainya di gedung itu, di atas hamparan aspal panas, mereka menggelar aksi jemur diri.

Tiga orang itu berbaring, membiarkan tubuh masing-masing disengat matahari. Mereka merepresentasikan bagaimana susahnya kaum miskin mendapatkan hak pendidikan tinggi di kampus.

“Hari ini di depan gedung yang menjulang megah ini uang-uang kita di sana, gedung tinggi tapi hak-hak kita tidak diperhatikan. Pandemi sudah berjalan dua tahun, kebiadaban seringkali terjadi di kampus kita,” teriak seorang orator di depan gedung Rektorat Unpas.

Sekira dua jam kemudian, petinggi kampus Unpas akhirnya keluar gedung, mendatangi massa aksi, di antaranya turut hadir Rektor Unpas, Eddy Jusuf.

Setelah sempat menggelar dialog terbuka secara singkat, aksi itu ditutup dengan penyerahan naskah akademik tuntutan mahasiswa kepada Rektor. Rektor berjanji akan membahas tuntutan-tuntutan mahasiswa secara internal dengan jajaran fakultas.

 

Sumber: Suarajabar.id

Kontributor: M Dikdik RA

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Tokoh Adat Kajang Geruduk DPRD Bulukumba Minta RDP dengan PT Lonsum
CACAT INTEGRITAS. Istri kapolsek kajang masuk jadi caleg 2024
DPC Kesatuan Pelajar Bone Gotong Royong Dengan Warga Ajangale Sukseskan HUT RI ke 78
Penyebab Dentuman di Sumenep Masih Misterius, Bakal Diteliti BMKG
Anak Bunuh Ibu Kandung dan Aniaya Ayah di Depok Diserahi Keuangan Bisnis Keluarga
Anies Usai MA Tolak PK Moeldoko: Anggap Hadiah Ulang Tahun untuk AHY
Gejolak Emosi Lukas Enembe Protes Disebut Berjudi
Mobil Pajero Sport Dipakai Anak Ugal-ugalan di Jalan, Pimpinan DPRD Sulsel Anggap Itu Hal Biasa

Berita Terkait

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:38 WITA

POLITIK DINASTI DIGENCARKAN; REFORMASI DIPECUNDANGI

Kamis, 21 September 2023 - 12:29 WITA

Oknum polisi terlibat dalam pengedaran narkoba Aliansi masyarakat bersatu angkat bicara

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:50 WITA

Sekda Kabupaten Gowa Melanggar Kode Etik ASN/PNS Koalisi Mahasiswa Pemerhati Pemerintah Gelar Demonstrasi

Senin, 14 Agustus 2023 - 20:20 WITA

GEMPAR Resmi Laporkan SPBU Yang Diduga Terlibat Dalam Sindikat Mafia Minyak di Kabupaten Bone

Rabu, 9 Agustus 2023 - 17:59 WITA

Polda Sul-Sel Lemah Dalam Mengatasi Kasus Yang Ada Di Sulawesi Selatan

Rabu, 9 Agustus 2023 - 13:03 WITA

Beberapa Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Akan Menggelar Aksi Unjuk Rasa di Mapolda Sulawesi Selatan

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 20:10 WITA

Diduga Tambang Ilegal Gepma Nusantara Akan Menggelar Aksi Unjuk Rasa di Mapolda Sulawesi Selatan

Jumat, 4 Agustus 2023 - 11:34 WITA

Demisioner Ketua Umum IPMIL RAYA UNIMERZ Meminta Evaluasi Kinerja Kapolres Luwu Timur.

Berita Terbaru

berita

Penegak hukum tidak bernyali dihadapan PT.Wisan petro energi

Selasa, 27 Feb 2024 - 13:01 WITA

Pemilu

PEMUDA MATTOANGING SIAP SUKSESKAN PEMILU DAMAI

Jumat, 9 Feb 2024 - 14:17 WITA

edukasi

PEMUDA BEKERJA MATTOANGIN SEJAHTERA

Selasa, 16 Jan 2024 - 19:49 WITA