banner 728x250

5 Tips Agar Kuliah dan Kerja Paruh Waktu Tetap Seimbang

  • Share
sumber gamer: belajarekonomi.com

Makassar, oribitimes.comOleh Ira Budianti, PADA saat kelas 3 Sekolah Menengah Atas kita harus menentukan ke depannya mau seperti apa. Apakah mau kuliah, kerja, atau kuliah sambil kerja. Pendidikan sangat penting untuk masa depan dan karir yang bagus.

Jika pendidikan mereka tinggi, mereka akan ditempatkan sesuai keahlian yang mereka miliki dan mendapatkan peluang lebih besar serta gaji yang tinggi. Sedangkan sebaliknya, jika pendidikan rendah mereka akan mendapatkan peluang diterima sangat kecil.

Terkadang siswa/i sangat bingung akan hal ini. Jika mereka memilih kuliah mereka akan memikirkan biaya yang cukup besar, waktu, dan tenaga yang cukup terkuras. Apalagi kita hidup di masyarakat yang selalu beranggapan bahwa kuliah itu penting karena bisa mendapatkan karir yang bagus dengan kuliah.

Jika mereka memilih kerja, banyak sekali faktor yang mereka belum cukupi. Seperti kurangnya ajaran saat di sekolah mengenai dunia kerja. Lalu, banyak hal yang belum tahu, akan sangat berbeda kehidupan saat sekolah dengan kehidupan kerja. Di mana saat sekolah kita dikasih perhatian oleh guru, mendapatkan teman banyak yang baik dan peduli dengan kita.

Berbeda dengan dunia kerja, yaitu kita harus bisa meyakinkan perusahaan yang kita lamar. Lalu banyak pesaing yang ingin mendapatkan kerja dengan posisi yang sama. Belum lagi saat kita kerja mendapatkan atasan yang kurang baik memperlakukan kita, teman yang saling menjatuhkan dan masih banyak lagi.

Lalu saat memilih untuk kuliah sambil kerja, kalian akan memikirkan dua hal: yaitu kerja penuh waktu atau kerja paruh waktu. Jika mereka memilih penuh waktu maka mereka akan kuliah pada malam hari atau pada saat hari libur. Sedangkan, jika mereka memilih kerja paruh waktu mereka bisa mengambil kelas reguler yaitu pagi.

Lalu langkah apa saja yang harus kamu lakukan agar bisa efektif kuliah sambil kerja?

1. Buat perencanaan lebih matang

Kamu bisa menentukan terlebih dahulu perencanaan mau bikin di mana. Baik di kertas atau di laptop atau di kalender. Kamu bisa membuat dengan kreasi kamu sendiri. Seperti diberi warna yang berbeda di setiap kegiatan kamu. Dengan membuat ini, kamu dapat melihat seluruh kegiatanmu agar tidak bentrok dengan kegiatan lain.

2. Tentukan waktu lebih detail

Jika kuliah pagi, kamu harus menentukan kapan kamu harus kerja paruh waktu. Dengan begitu jadwalmu lebih efektif.

3. Kerjakan tugas lebih awal

Mengerjakan tugas setelah pulang bekerja bisa jadi melelahkan dan membuatnya tidak optimal. Lebih baik bangunlah lebih awal, pagi atau dini hari, untuk menyelesaikan tugasmu. Selalu kerjakan sedikit demi sedikit, meski tidak sepenuhnya selesai, akan lebih baik daripada kamu menundanya.Saat di tempat kuliah kamu mendapatkan tugas maka segerakanlah kamu kerjakan. Jangan ditunda! Sebaliknya, jika di tempat kerja sedang bekerja, fokuslah pada pekerjaan kalian agar selesai lebih dahulu.

4. Buat list tugas yang biasa saja, penting, dan sangat penting

Dengan membuat hal seperti ini kamu dapat mengatur waktu kamu lebih efektif lagi. Contoh: ada tugas A waktu di kumpulkannya siang, lalu tugas B di kumpulkannya malam ini, lalu tugas C dikumpulkannya sore ini, maka kamu dapat mengerjakan tugas C terlebih dahulu.

5. Tulislah apa yang mau kamu kerjakan besok

Ketika kamu memikirkan sesuatu untuk dilakukan, jangan hanya mengingatnya, kamu akan lupa dan akhirnya mengingat pada waktu yang tidak tepat. Tulislah karena hal ini sangat berguna untuk kamu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kehidupan kuliah dan bekerja agar tetap berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

Penulis merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta Selatan

 

sumber: mediamahasiswa

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.